Sabtu, 25 Februari 2012

conroh resensi

Unit Terkecil Dari Makhluk Hidup
Judul buku                   : Biologi Untuk SMA Kelas XI
Pengarang                   : D.A. Pratiwi, Sri Maryati, Srikini, Suharno, Bambang S.
Penerbit                      : Erlangga.
Tahun Terbit               : 2006
JUmlah Halaman        : 282 halaman.
ISBN                             : 979-787-727-X
Harga                          : Rp 51.200
Semua orgsnisme tersusun atas sel-sel. Sel merupakan unit terkecil dari suatu bentuk kehidupan. Sel seperti sebuah pabrik yang terus bekerja, agar proses kehidupan terus berlangsung. Dan sel memiliki bagian – bagian penting untuk menunjang fungsi tersebut.
Didalam sel terdapat protoplasma yang terdiri dari : karbohidrat, lemak, Protein, dan asam nukleat sel dapat dibedakan menjadi 2 yaitu prokariotik dan eukariotik.
Bagian dari sel meliputi membran plasma, nukleus dan sitoplasma. Transpor melalui membran dapat berlangsung secara pasif melalui difusi dan osmosis. Dalam nukleoplasma terdapat kromosom. Pada nucleus terdapat nucleolus yang fungsinya menyintesis ribosom. Nukleolus berfungsi mengendalikan aktivitas sel.
Dalam sitoplasma mengandung organel – organel sel, seperti : retikulum endoplasma, ribosom badan golgi, lisosom, mitokondria, dan plastida yang terdapat pada tumbuhan.
Dari uraian diatas bahwa buku karangan D.A.Pratiwi dkk. Mudah untuk dipahami, bahasanya pun tidak bertele – tele khususnya untuk para pelajar SMA. Tetapi disamping itu tidak ada variasi warna dalam gambar yang seperti aslinya. Sehinga kurang menarik. Dan harganya juga relatif mahal.
Buku ini layak  digunakan sebagai buku pegangan pelajar. Karena materi yang disampaikan cukup terperinci. Dan buku ini juga mengandung banyak informasi yang penting bagi para pelajar. Oleh sebab itu pantaslah jika buku ini di miliki oleh setiap para pelajar SMA yang ada di seluruh Indonesia.
Dalam bab ini menjelaskan tentang peranan sel dalam tubuh. Yang menunjang kelangsungan hidup suatu organisme. Sel tersusun atas bagian yang memiliki fungsinya masing – masing sehinga sel mampu bekerja di dalam tubuh  tanpa berhenti. Kecuali jika organisme tersebut meninggal maka sel tidak dapat nekerja dan berfugnsi kembali.
Jelas bahwa dalam bab ini, memberikan suatu gambaran.  Tentang betapa pentingnya peranan sel. Bagi kelangsungan hidup suatu organisme yang ada di bumi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar